Jumat, 17 Juni 2016

On 12.03.00 by PKS Lampung Selatan in ,    No comments
Kalianda(17/06) DPD PKS Lampung Selatan dinahkodai oleh pimpinan Bowo Edi Anggoro, Lukman, Purwoto, Andi Apriyanto  dan M. Taufik terus mengupayakan terwujudnya kegiatan-kegiatan berkhidmat untuk rakyat, khususnya di Lampung Selatan. Melalui launching Pusat Khidmat PKS Lampung Selatan yang telah dilakukan pada 15 Mei 2016 bertempat di depan kantor DPD, PKS ingin menegaskan eksistensinya di masyarakat sebagai pelayan dan pengayom   masyarakat di seluruh pelosok negeri.

Program Pusat Khidmat PKS merupakan program nasional yang digulirkan oleh DPP PKS yang akan menjadi concern utama  para pengurus PKS di setiap tingkat kepengurusan maupun seluruh kader tentunya.

Dengan dilaunchingnya Pusat Khidmat PKS tersebut sekaligus menandai dimulainya kegiatan-kegiatan pelayanan yang akan dilakukan secara lebih masif dan "integrated" kepada masyarakat. Sebelumnya pelayanan dilakukan secara terpisah. Kini, masyarakat bisa memanfaatkan pelayanan ini dengan menghubungi Kantor kepengurusan PKS terdekat baik DPD, DPC, DPRa maupun kader PKS yang dikenal yang nantinya akan terhubung dengan pusat khidmat.

Adapun pelayanan yang diberikan melalui Pusat Khidmat PKS Lampung Selatan ini diantaranya adalah:
1. Rumah Sehat, melayani konsultasi kesehatan gratis, pusat donor darah melalui Lumbung Darah PKS, advokasi pembiayaan pasien penyakit berat. Sebagai salah satu contoh kegiatan Rumah Sehat, yakni Lumbung Darah PKS yang sebenarnya telah dilakukan PKS Sejak lama bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mendapatkan para pendonor darah secara cepat dan tepat.

2. Rumah Cerdas, melayani kegiatan pelatihan-pelatihan untuk persiapan kerja, konsultasi menuju jenjang kampus, tryout dan juga beasiswa. Rumah Cerdas bertujuan untuk mendorong pertumbuhan kualitas SDM yang lebih baik. Di kantor DPD PKS sendiri terdapat perpustakaan yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat untuk belajar dan menggali ilmu pengetahuan. Untuk kegiatan tryout baik itu UN maupun ujian masuk PT kerap dilakukan PKS untuk membantu mempermudah para pelajar mempersiapkan diri.

3. Rumah Herbal, melayani terapi ruqyah, bekam berikut pelatihannya serta konsultasi pengobatan herbal lainnya. Kegiatan Rumah Herbal ini sudah sering melayani masyarakat dan terus berkelanjutan dengan menghadirkan para konsultan ataupun terapis ahli dalam bidangnya. Masyarakat bisa langsung ke kantor DPD PKS untuk mendapatkan jadwal rutin kegiatan maupun info lainnya berkenaan dengan kegiatan Rumah Herbal.

4. Rumah Keluarga Indonesia, melayani konsultasi permasalahan rumah tangga, pendidikan anak, jodoh dan pelatihan-pelatihan untuk orang tua dan anak. RKI bervisi menciptakan  perbaikan generasi untuk Indonesia lebih baik melalui peran penguatan keluarga sebagai pondasi utama. Untuk Lampung Selatan, kantor RKI khusus dipusatkan di Natar.

5. Rumah Peduli, melayani bantuan untuk keluarga kurang mampu, bantuan advokasi layanan capil (KK, KTP, dsb), advokasi layanan kesehatan gratis (BPJS untuk keluarga kurang mampu). Bagi masyarakat yang mungkin selama ini mendapatkan kesulitan ataupun hambatan lainnya dalam pengurusan dokumen diatas bisa ke kantor DPD PKS Lampung Selatan untuk mendapatkan pelayanan perbantuan.

6. Rumah Aspirasi, melayani pengaduan masyarakat (serap aspirasi), temu anggota dewan. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan kesempatan bertemu dengan para anggota dewan, khususnya para aleg PKS untuk menyampaikan aspirasi bisa menghubungi kantor DPD PKS untuk kemudian dihubungkan sesuai dengan permasalahan yang ingin disampaikan.

7. Rumah Siaga Bencana, siap tanggap bencana, juga edukasi penanggulangan bencana. Selama ini PKS melakukan aksi-aksi secepat mungkin dalam upaya tanggap bencana. Masyarakat bisa terhubung dengan tim siaga bencana dengan menghubungi kader ataupun kantor PKS terdekat.

8. Rumah Dakwah, mengadakan program pengajian rutin, taklim rutin, penyiapan materi khutbah dan penyiapan pembicara taklim. Masyarakat bisa mendapatkan pengisi taklim misalnya dengan menggunakan layanan ini.

9.Mobil Pusat Khidmat yang dapat digunakan masyarakat untuk keperluan antar jemput pasien dan keperluan darurat lainnya.

Dalam sambutan pertama kegiatan launching tersebut, Ketua DPD PKS Lampung Selatan, Bowo Edi Anggoro, A. Md menyatakan "Layanan Pusat Khidmat ini terbuka untuk seluruh masyarakat Lampung Selatan dan agar masyarakat mengerti bahwa partai tidak selalu berurusan hanya disaat pemilu. Pusat Khidmat ini diharapkan mengembalikan fungsi partai keadilan sejahtera sebagai wadah masyarakat untuk selalu memberikan manfaat dan berkhidmat".

"Sejak dulu PKS melayani, dan sampai kapanpun Insya Allah PKS akan tetap melayani, tersiar oleh media ataupun tidak ". Begitu ungkapan Al Muzammil Yusuf, Anggota DPR RI, saat membuka secara resmi kegiatan ini. "Saat tsunami Aceh, banjir jabodetabek, PKS  berusaha setanggap dan sebaik mungkin memberikan pelayanan walaupun dengan dana dan peralatan yang terbatas, itu semua dilakukan karena cinta bukan karena kekuasaan". Terang Al Muzammil.

Setelah launching diresmikan, beberapa pelayanan sudah mulai dilaksanakan diantaranya adalah cek kesehatan gratis, pendataan relawan donor darah, pelatihan dan lomba anak cerdas, konsultasi terapi ruqyah, serap aspirasi masyarakat, pojok pustaka, dan juga suguhan hiburan stand up comedy dari komunitas stand up comedy Kalianda yang ikut memeriahkan launching Pusat Khidmat PKS Lampung Selatan. Harapannya apa yang dilakukan PKS bisa membawa kemanfaatan yang banyak untuk masyarakat, khususnya di Lampung Selatan.

Sumber : Humas DPD PKS Lampung Selatan

0 komentar:

Posting Komentar