Sabtu, 28 Mei 2016

On 15.41.00 by PKS Lampung Selatan in , ,    No comments
Sidomulyo (29/05) Anda kenal Abu jhal sob?  Ya benar, nama aslinya umar bin hisyam.  Ia salah satu dari dua Umar yang pernah rasul doakan  agar salah satu dari mereka  masuk islam. 

Umar bin hisyam adalah tokoh quraisy makkah. Ia masuk dalam lingkaran kekuasaan  para petinggi makkah. Cerdas dan hidup mapan.  Perniagaannya sukses dan hartanya melimpah.  Tapi di kalangan sahabat rasul dan kaum beriman ia lebih dikenal dengan nama Abu Jahal atau bapak kebodohan. Tapi mengapa ia dijuluki  seperti itu.

Ust. Salim A Fillah dalam bukunya ‘Saksikan bahwa aku seorang muslm ‘ berujar   “jahl yang dmaksudkan  Islam bukanlah  dalam arti buta baca tulis, miskin dan kurang berahlak. Tentu saja  Abu jahal tidak seperti itu. Yang di maksud  Jahl/bodoh dalam sasaran dakwah nabi adalah  penyakit yang menjangkiti keyakinan. Ia adalah rabun  yang mengacaukan pandangan terhadap hakikat kehidupan,kemanusiaan dan peribadahan.

Jika jahl adalah sebuah sikap maka ia bisa berujud  kecurangan ekonomi, penyimpangan seksual  seperti kaum Sodom atau tirani kekuasaan berujud fir’an.

Maka sikap jahiliah namPak pada ekspresi  monopoli perdagangan, curang dalam menimbang, terjebak sisten renten. Dalam politik ia sikap menghalalkan cara untk meraih kekuasaan  dan dalam ruang lingkup terkecil yaitu keluarga , kita juga berperan sebagai abu jahal dan Umi Jahl, membiarkan orang2 yang kita cintai tersesat dalan gelapnya  kehidupan jahiliah; melupakan ajaran islam yang suci dan luhur.

Dalam peribadahan kita masih Percaya klenik dan paranormal, menganggap syariat jilbab adalah tradisi kaum arab, orang berJengggot adalah teroris, dan ungkapan2 lain bernada tendensius  terhadap ajaran islam.

AH, terlalu banyak ketidaktahuan  akan ajaran yang mulia ini hingga meyebabkan seringnya kita berfikir dan berbuat salah, mengingkari perintah Allah dan juga rasulnya.
Ya rob, ampuni sikap jahil kami.


Suatu hari dalam perjalanan lintas Sumatra, mengendarai motor tua, di depan ku sebuah  truk  berjalan santai. Tiba2 mataku menangkap gambarl sebuah stiker  yang unik.  Penasaran motor ku mencoba mendekat ke bak belakang truk itu.

Sumber : Abu Sauqi ( Tim Humas DPD PKS Lampung Selatan )

0 komentar:

Posting Komentar