Kamis, 21 April 2016

On 08.40.00 by PKS Lampung Selatan in , , ,    No comments
Candipuro (22/04) Panen telah tiba...Panen telah tiba....Hatiku gembira.. (dinyanyikan dengan gaya lagu "libur telah tiba-tasya")

Panen padi telah tiba di Indonesia, tak terkecuali desa-desa di Lampung Selatan yang merasakannya. Tapi musim panen yang bersamaan dengan datangnya musim penghujan menimbulkan sedikit permasalahan. Beberapa daerah di Candipuro dan Palas misalnya. Petani harus berbesar hati lantaran rendaman air terhadap tanaman padi mereka. Ada juga petani yang tak sampai menikmati padinya berisi, lantaran terjangan hama. Ini terjadi di beberapa desa, banjarsuri kecamatan Sidomulyo contohnya. Perlu evaluasi tentunya.

Namun, panen tetaplah panen yang bagaimanapun hasilnya harus disyukuri oleh siapa saja. Tak terkecuali bagi para srikandi desa yang luar biasa ini. 


Di tengah terik mentari yang menyengat mereka berlomba berebut butiran padi yang tersisa dari hasil panen si empu sawah. Ya, mereka tidak memiliki sawahnya. "Ngasak". Itulah yang sedang mereka lakukan. Mengais sisa-sisa padi yang tertinggal.

Mereka tak bisa dibilang muda, karena guratan-guratan wajah yang nampak jelas dibalik caping. Tapi semangat mereka seperti tak berbanding dua dengan yang muda. Kerja mereka membuktikannya. 

Sebut saja mbah Bunga yang ditemui di persawahan desa, Usianya telah menginjak kepala 6. Ketika ditanya alasannya mbah Bungah berujar bahwa hanya dengan cara seperti ini ia yang tak memiliki sawah dan "tanduran" pari bisa tetap menikmati hasil panen. Walau sedikit tapi lumayan untuk mengisi perut ujarnya. 

Dan mbah Bungah tidaklah sendirian, disamping kiri kananya berjejer para srikandi lain yang tak kalah "rekasa". Itu hanya di sebuah sawah di satu desa, di tempat lain se-Indonesia tentu lebih banyak cerita.

Demikianlah sekelumit kisah para wanita perkasa di era yang katanya sudah modern ini. Mereka terkadang terselip tak terbaca zaman yang sudah gemerlap rupa. Bisa menjadi contoh sekaligus muhasabah bersama. Pada siapa kita akan berbagi karya.

Sumber : Humas DPD PKS

0 komentar:

Posting Komentar