Rabu, 16 Maret 2016

On 16.30.00 by PKS Lampung Selatan in , , ,    No comments
Malang(17/03) Pemkab Lamsel semakin menunjukan kinerjanya yang sangat serius dalam menata perkembangan daerah. Terlebih dalam menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Hal ini dibuktikan dengan adanya kunjungan yang dilakukan oleh Anggota komisi B DPRD Lamsel ke Pemkab dan DPRD Malang Jawa Timur.

Dari hasil kunjungan tersebut, diketahui bahwa pengelolaan koperasi dan UMKM di Malang sudah sangat baik. "Di Malang lebih maju, mereka membina 1.130 koperasi dan 416.000 lebih UMKM." Tutur Bowo Edy Anggoro kepada Humas DPD PKS Lamsel, Rabu (16/3).

Bowo mengutarakan, bahwa koperasi dan UMKM di Lamsel banyak yang mati suri dan minim pembinaan. Keadaan sebaliknya justru terjadi di Malang Jawa Timur. Rupanya di Malang, pemerintah daerah turun langsung membina dan memfasilitasi permodalan, pelatihan sdm, pelatihan produksi, sampai dengan pemasaran.

Dalam penuturannya Bowo mengungkapkan beberapa ilmu yang dapat diterapkan di Lamsel. Diantaranya, pembinaan UMKM dari hulu ke hilir, temu rutin pengusaha, sosialisasi MEA, pelatihan dan pendampingan SDM, Produk (pelatihan kualitas produksi konseling, hak merk, izin layak edar dari kesehatan maupun MUI) sampai dengan pemasaran.

Pendirian BLUD dibawah Dinas Koperasi dan UMKM dalam rangka membantu modal usaha koperasi dan UMKM dengan bunga ringan dan syarat mudah."Di Lamsel, kendala permodalan jadi alasan para pelaku koperasi dan UMKM". Tuturnya. Menurut Bowo, pihaknya juga akan mewujudkan terobosan pemasaran dan promosi ke singapura.

"Di singapura ada stand promo yg murah (20 juta/tahun) di sebuah tempat khusus promo atau big box di pusat kota tempat promo produk-produk UMKM internasional". Ujar Bowo.

Rupanya Lamsel pernah promo ke Barcelona Spanyol dan Singapura yang menelan anggaran milyaran tetapi tidak ada outcome/hasil yg bisa ditindak lanjuti.

Lamsel yang kedepan diproyeksi menjadi kota wisata dan industri harus mulai memperhatikan sektor UMKM, berupa pembinaan dan pendampingan dari hulu ke hilir seperti di Malang atau kota-kota berkembang lainnya.

"Konsep pengelolaan koperasi dan UMKM di Malang sangat layak kita tiru dan terapkan di lamsel." Ujar Bowo Edy Anggoro yang juga sebagai Ketua DPD PKS Lampung Selatan dalam kunjungan kerja bersama seluruh anggota komisi B DPDR Lampung Selatan.

Sumber : HUMAS DPD PKS Lampung Selatan

0 komentar:

Posting Komentar