Selasa, 26 April 2016

On 22.32.00 by PKS Lampung Selatan in , ,    No comments
Riau (27/04) Kunjungan kerja jajaran Komisi B DPRD Lampung Selatan pekan kemarin ke Kampar, Riau membawa informasi yang penting. Ini tentang Program RTMPE, Rumah Tangga Mandiri Pangan dan Energi. Program ini sangat cocok jika diterapkan di Lampung Selatan. 

Hal ini diungkapkan oleh salah satu anggota Komisi B, Bowo Edi Anggoro, setelah mengetahui program ini secara lebih mendalam. Apalagi program ini sesuai dengan visi-misi Bupati Lampung Selatan, Dr. Zainudin Hasan, M. Hum. "Program ini sesuai dengan visi Bupati, Pak Zainudin yakni "Ayo Bangun Desa". Yaitu ekonomi kerakyatan yang langsung menyentuh masyarakat Desa," ujar Bowo.

Program yang bisa mengantarkan masyarakat Kampar berpenghasilan Rp. 10-25 juta perbulannya ini dikelola oleh lintas SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah). Diantaranya adalah Dinas Pertanian, Dinas Penternakan, Dinas Perikanan dan Dinas Pertambangan dan Energi.

Berdiri diatas lahan sekitar 1000 m2, ada masyarakat yang mengelola usaha peternakan seperti ayam petelur, ternak sapi sampai pemanfaatan kotoran ternak tersebut sebagai biogas, usaha di bidang pertanian, masyarakat mengelola tumpang sari cabai merah, bawang merah, dan budidaya jamur tiram.

Menurut Bupati Kampar Hi. Jefry Noer mengatakan bahwa RTMPE ini merupakan program unggulan Provinsi Riau dimana idenya diambil dari kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Yakni, lauk-pauk, sayuran dan penerangan dan kebutuhan memasak lainnya.

Sumber : Humas DPD PKS Lampung Selatan

0 komentar:

Posting Komentar